Logo MI Hidayatun Najah

MI Hidayatun Najah merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam di Kabupaten Tuban. Mi hijah mendidik siswa menjadi generasi solih solihah yang tartil dalam membaca Al-Qur’an serta berwawasan lingkungan. Progam pembelajaran yang berjalan saat ini adalah :

  1. Mengaji

Pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an. Dengan membaca diharapkan siswa dapat memperbaiki maqoriqul huruf, fakhta huruf, tajwid, dan panjang pendek dengan irama rost yang benar sehingga siswa dapat melantunkan bacaan Al-Qur’an dengan benar dan tartil. Sedangkan menulis bertujuan agar siswa terbiasa menulis huruf hijaiyah dengan rangkaian yang tepat. Setelah mengaji siswa melaksanakan ujian Munaqosah yang tujuannya sebagai hasil evaluasi perkembangan siswa dalam mengaji.

  1. Tahfidz

Program tahfidz memumpun siswa untuk Hafal al-Qur’an sekurang-kurangnya 18 surat dari Juz Amma 9 (Juz ke-30), Mampu membacakan al-Qur’an dengan baik sesuai dengan tajwidnya, Mencintai dan menyenangi al-Qur’an, baik membaca dan mendengarkannya, Memiliki akhlaqul kharimah khususnya dalam hal: adab membaca dan mendengar al-Qur’an, adab di masjid, adab saat shalat dan adab di masjid, Merasakan nikmatnya belajar al-Quran, melaksanakan ibadah dan hadir di masjid.

  1. MRA

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tuban Nomor 16 Tahun 2019 MI Hidayatun Najah telah ditetapkan sebagai MRA (Madrasah Ramah Anak) yaitu satuan pendidikan formal, nonformal, dan informal yang mampu memberikan pemenuhan hak dan perlindungan khusus bagi anak termasuk mekanisme pengaduan untuk penanganan kasus di satuan pendidikan. Tujuan dari program MRA adalah:

    • Terwujudnya sekolah yang aman dan menyenangkan bagi peserta didik karena bebas dari kekerasan antar peserta didik maupun kekerasan yang dilakukan oleh pendidik dan tenaga kependidikan;
    • Terbentuknya perilaku pendidik dan tenaga kependidikan yang berprespektif anak;
    • Penerapan disiplin positif yang membantu anak untuk berfikir dan bertindak benar untuk anak yang dianggap melalaikan kewajibannya bukan sanksi atau hukuman yang selama ini dilakukan.
    • Meningkatkan partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran dan dalam pengambilan keputusan di sekolah.

  1. Adiwiyata

MI Hidayatun Najah melaksanakan Program Adiwiyata dengan tujuan  menciptakan warga sekolah, khususnya para siswa yang peduli dan berbudaya lingkungan, sekaligus mendukung dan mewujudkan sumber daya manusia yang memiliki karakter bangsa terhadap perkembangan ekonomi, sosial dan lingkungannya dalam mencapai pembangunan yang  berkelanjutan di daerah.