Program Pengalaman Lapangan ( PPL ) bagi mahasiswa program pendidikan studi pendidikan merupakan kewajiban sebelum mahasiswa meraih gelar sarjana. Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) pada tahun ini memberikan kepercayaan kembali kepada Lembaga Pendidikan Islam MI Hidayatun Najah sebagai tempat PPL mahasiswanya.

Pada masa pandemi, bagaimana PPL dapat dilaksanakan? Tentunya perbedaanya sangat signifikan dirasakan oleh para mahasiswa. Kegiatan mengajar yang biasanya dilakukan secara langsung di kelas-kelas, kini harus disesuaikan pada pembelajaran daring.

Pada acara Pembukaan PPL yang dilaksanakan pada Hari Rabu, 6 Januari 2021. Ustazah Siti Umi Choiriyah, S.Pd.I selaku Kepala Madrasah menuturkan dalam sambutanya, “Pada masa pandemi mahasiswa dapat mlaksanakan PPL secara fleksibel, artinya justru mahasiswa mendapatkan kesempatan tidak hanya belajar mengajar tetapi juga bisa belajar tentang pengelolaan manajemen sekolah. ini penting difahami mahasiswa keguruan agar nantinya dapat menjadi guru profesional dan terampil mengajar.”

Senada dengan yang disampaikan Kepala Madrasah. Dosen Pembimbing Lapangan Bapak M Fauzi, MA juga menyampaikan pesan kepada para mahasiswa, bahwa apapun kondisinya mahasiswa harus tetap menjalani kegiatan ini dengan baik.

Setelah sebulan lamanya dilaksanakan PPl, tak terasa waktu berjalan terasa cepat. Akhirnya pada hari Senin, 08 Februari 2021 dilaksanakan acara penutupan PPL. Berakhirnya acara ini menandai bahwa pelaksanaan PPL mahasiswa IAINU Tuban telah usai. Acara ini berlangsung dengan singkat dan khidmad.

Ustadzah Siti Umi Choiriyah, S.Pd.I melepas para Mahasiswa PPL dengan penuh rasa bangga dan haru. Beliau menyampaikan pesannya saat sambutan kepada para mahasiswi IAINU, “Jangan pernah berhenti belajar (self Learning) karena tidak ada sebutan guru hebat, yang ada adalah guru pembelajar, dan selalu melakukan refleksi untuk memperbaiki kualitas dir (self evaluation).”

Reporter: Wiwik

2 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments