Wajah antusias tergambar jelas pada raut wajah ratusan peserta didik MI Hidayatun Najah. Wajar bila demikian, karena pada hari itu, Kamis 21 Oktober 2021 mereka akan belajar di lapangan Outing Class ( red ).
Pada kegiatan outing class kali ini, peserta didik menyambangi rumah produksi milik Ibu Sumirah di Desa boto – Kecamatan Semanding – Kabupaten Tuban
Setiba di lokasi, peserta didik yang terdiri dari kelas 4 dan 5 itu duduk di tikar yang sudah disediakan dengan tertib.
” Anak – anak ku yang saya sayangi mari kita berdo’a terlebih dahulu, karena pada dasarnya kita datang kesini untuk belajar.” Kata Ustazah Najihah Wakakur II MI Hidayatun Najah
“Belajar tidak harus di ruang kelas, pun demikian belajar tak harus dengan guru. Anak – anak bisa menemukan informasi dari berbagai sumber termasuk dari ibu Kasmiati”. Imbuh Ustazah Najihah.
Peserta didik yang diundang diajak melihat langsung cara pembuatan legen oleh pemilik rumah. Anak – anak pun sudah diajak meramu, membungkus, dan membeli legen yang dibuat
“Legen minuman alami dari pohon Siwalan, untuk mendapatkan legen segar yang dibutuhkan bahan – pengolahan – produk yang bagus” Kata ibu Kasmiati saat memberi penduan.
Anak – anak yang hadir tidak hanya mendengarkan yang diucapkan ibu Sumirah, mereka juga menulis hal – hal baru yang mereka dapatkan. Selain itu, tak sedikit dari mereka yang bertanya mencoba .
Peserta didik mengaku puas dengan outing class kali ini. Sangking antusiasnya mereka meminta outing class bisa diadakan lagi di semester genap.
“Saya semakin paham mana kegiatan produksi – distribusi – konsumsi. Dengan adanya kegiatan ekonomi seperti ini, banyak warga sekitar yang ikut mendapatkan pekerjaan”. Kata Alivia Galuh, salah seorang peserta.
Kegiatan outing kelas berlangsung seru nan khidmat. Walaupun sudah 4 jam di lokasi seperti baru satu jam. Tepat pukul 10:45 WIB anak – anak berpamitan dan beranjak pulang.
Suatu liburan yang menyenangkan yang tak mudah dilupakan. Pembelajaran yang bagus.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments