Kamis, 19/12/2019.

Mi hidayatun najah kembali melaksanakan workshop atau pelatihan, yaitu pelatihan literasi satu guru satu karya, dengan tema “buku dan peradaban”. Workshop ini bertujuan untuk  meningkatkan mutu guru dalam dalam bidang litearsi, yang mana skill menulis ini digunakan untuk bekal diri guru sebagai praktisi pendidikan maupun bekal untuk anak didiknya. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan, dan dilanjutkan dengan sambutan. Sambutan  pertama disampaikan oleh kepala madrasah, Ustdzah Siti Umi Choiriyah S. Pd. I dalam sambutannya  menyapaikan bahwa guru-guru MI hidayatun najah  sudah waktunya untuk  mewujudkan sebuah karya demi menunjang kariernya sebagai seorang guru maupun referensi pembelajaran dalam kelas.  Juga untuk tujuan pembiasaan  membaca, karna  mewujudkan karya tulisan harus diawali dengan kegiatan membaca. Kata beliau   guru- guru mi pasti bisa karna jargon guru-guru MI Hijah  adalah guru mi adalah guru hebat. Sambutan kedua disampaikan oleh direktur LPI Hidayatun najah. Ustadz Muhammad Fauzi, MA mengapresiasi bahwa meskipun jadwal guru dimasa liburan tetap mau belajar dan semangat untuk mendapatkan ilmu. Beliau juga mengingatkan bahwa jargon yang  harus tetap diingat adalah saya guru terbaik, anak didik saya adalah yang terbaik, dan tempat mengajar saya adalah tempat yang terbaik. Selanjutnya Ustdzah Nur Hidayati S. THI. S. Pd. M. Ag selaku nara sumber menyampaikan materinya. Dan mengawali penyampaian materi beliau berinteraksi  dengan peserta yang menayakan apa manfaat  menulis. Dan menurut ustdzh Rida  bahwa cerita bersama siswa bisa menjadi kenangan jika dituliskan, selanjutnya dari ustdz badri menyampaikan bahwa orang yang memiliki tulisan walaupun sudah meninggal masih tetap bisa dikenang, sebagaimana maqolah yang berbunyi مَنْ كَتَبَ شَيْئًا قَرَّ وَمَنْ حَفِظَ شَيْئًا فَرَّ

“ barang siapa yang menulis sesuatu pasti kekal selamanya sedangkan barang siapa yang menghafal sesuatu maka sesuatu itu bakal sirna “

Menurut penulis yang sudah melakukan kunjungan ke berbagai negara ini,  tulisan adalah sebuah curhat pribadi sesorang yang terabadikan.  Tulisan itu bisa berbentuk pengalaman pribadi maupun sebuah pemikiran sebuah teori.  Semua orang pasti bisa menulis hanya saja mungkin belum terbiasa dan masih minimnya ilmu tentang dunia tulis menulis. Dan yang paling penting kalau mau menulis harus banyak membaca. Dalam al-quran juga sudah disebutkan, yaitu

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ (1) خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ (2) اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ (3) الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ (4) عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ (5)

1.Bacalah, dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan, 2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, 3. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Mahamulia, 4. yang mengajar (manusia) dengan pena, 5. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya. (QS. Al-‘Alaq 1-5)

Menurut nara sumber bahwa dengan menulis buku maka banyak manfaat yang dapat diperoleh. Buku akan jadi sebuah warisan untuk generasi selanjutnya, buku juga sebuah dokumentasi baik itu bercerita tentang pengalaman pribadi maupun sebuah teori yang dapat dipelajari oleh orang lain sehingga bernilai amal jariah jika banyak yang memanfatkan. Selanjutnya manfaat lain yang dapat diperoleh dari sebuah karya buku adalah sebagai profesi yang menghasilkan materi yang tidak sedikit, contohnya pemateri sendiri yang bisa berkunjung ke negara lain juga  berkat buku yang beliau tulis. Dan prinsip beliau dalam menulis adalah “saya harus menulis sesuatu yang bermanfaat”

Dan yang tak kalah pentingnya dari workshop ini adalah motivasi beliau kepada peserta workshop adalah kutipan dari tulisan Imam al-Gozali “Jika engkau bukan anak raja dan anak ulama besar maka menulislah”. Sehingga peserta termotivasi berusaha belajar menulis ketika diberi tugas untuk menulis pengalaman pribadi yang tak terlupakan dari masing-masing peserta.

Dan diakhir workshop peserta diminta untuk membuat tulisan dengan tema “Hijah” yang harus diselaikan peserta untuk dijadikan buku antologi. Keep Spirits to writing.

Penulis : Ustazah Chotdijah

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of