Ketika kita sedang atau akan mendirikan sebuah usaha baik produk maupun jasa, sangat penting kira nya mempelajari apa itu Branding dan Marketing, sebab kedua hal tersebut yang akan menjadi tombak Tranding nya usaha kita.

#Jumat, 29 Januari 2021#
MI Hidayatun Najah Tuban mengadakan kegiatan up grading bagi para asatidz/ah dan disampaikan langsung oleh Kepala Madrasah. Up grading tersebut bertujuan untuk menuju sekolah yang lebih baik dan fleksibel di tengah pandemi covid 19.

Dalam kegiatan tersebut kepala Madrasah memaparkan penjelasan tentang Branding and Marketing. Apa itu Branding? dan apa itu marketing? Serta apa tujuan dari branding dan marketing untuk sekolah??

Brand atau dapat diartikan sebagai merk adalah nama atau simbol yang diasosiasikan dengan produk atau jasa sehingga mampu menjadi pembeda dengan produk lain dan dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengembangkan serta memelihara loyalitas pelanggan.

Adapun Branding dari sebuah sekolah itu ada 3, yaitu Visual identity, value identity, dan communication identity . Visual identity mencakup 4 aspek yaitu Nama, logo, tag line, dan warna. Supaya bisa menjadi sekolah yang Tranding, maka dibutuhkan nama lembaga yang menarik, logo yang unik dan berbeda dengan logo sekolah yang lain, tag line yang singkat namun dapat mencerminkan karakter sekolah, serta warna yang bisa menjadi identitas sekolah tersebut, bahkan disebutkan bahwa setiap warna mempunyai makna atau filosofi.
Value identity adalah sebuah nilai tambah yang bisa menjadikan sekolah tersebut berbeda dengan sekolah yang lain. Hal ini dapat diwujudkan dengan adanya kurikulum khusus yang diterapkan di sekolah tersebut. Sedangkan communication identity adalah kemampuan sekolah untuk bisa berkomunikasi dengan baik antar sesama guru, staf, murid, wali murid, dan masyarakat.

Saat sekolah sudah mampu menciptakan brand yang baik, maka disinilah ilmu marketing harus diterapkan. Hal tersebut bisa dimulai dengan membuat brosur sekolah yang keren, yakni singkat, dan tepat sasaran serta sesuai dengan colour branding sekolah. Selain brosur, bisa juga dengan memasang spanduk yang menarik dan dipasang di titik keramaian serta mudah dibaca.

Tidak cukup dengan dua hal yang sudah dipaparkan diatas, saat ini kita hidup di zaman penuh pencitraan, yang mana segala kehidupan bisa di tuangkan di media sosial. Maka dari itu kita harus menggunakan kesempatan tersebut untuk mengenalkan branding sekolah kita dengan cara sering mengekspos kegiatan dan inovasi sekolah, bahkan jika perlu menyediakan photobooth tempat selfie di sekolah, serta mampu mengembangkan kreatifitas news marker dengan membuat acara yang unik, kreatif, dan aktual.

Tujuan dari branding dan marketing untuk sebuah sekolah adalah agar bisa menjadikan sekolah tersebut unggul, berkarakter, serta tranding di berbagai media. Dengan demikian maka sekolah bisa dikenal oleh khalayak luas. Tentunya tetap sejalan dengan mutu yang semakin meningkat.

Reporter:
Likha

4.1 8 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments