Salah satu agenda kegiatan MI Hidayatun Najah adalah membuat project karya tulis untuk siswa kelas 6, karya tulis tersebut merupakan salah satu syarat kelulusan, tentunya ini menjadi suatu amanah besar buat para guru yang ditunjuk sebagai pembimbing karya tulis mengingat jam terbang mengajar para guru yang super padat merayap. Akhirnya seiring berjalannya waktu, semua dapat dilalui dengan baik meski pelaksanaan Ujian Tugas Akhir ini terlambat dilaksanakan dikarenakan datangnya pandemi yang tak terduga sebelumnya. Meski begitu hal ini tak menyurutkan semangat para pembimbing dan siswa.

Tugas Akhir tahun pelajaran 2020/2021 kali ini mengusung tema, “Mengembangkan Kreatifitas Peserta Didik Secara Efektif dan Inovatif.” Tema ini selaras dengan kondisi masa kini, zaman yang mengharuskan kita untuk menyiapkan generasi yang mampu berfikir serba efektif, kritis dan inovatif.

Proses penulisan karya tulis ini berlangsung kurang lebih 6 bulan, dimulai dari pemilihan judul sampai dengan penyusunan naskah. Mirip proses pembuatan skripsi para mahasiswa, cuma bedanya untuk project karya tulis ini lebih sederhana sesuai usia anak-anak, mereka menyusun karya ilmiah secara berkelompok, setiap kelompoknya terdiri dari tiga sampai empat siswa.

Setelah melewati sekelumit kisah senang dan sedih dalam menulis karya tulis kini saatnya anak-anak kelas 6 mempresentasikan hasil kerja keras mereka. Tepat hari Sabtu, Februari 2021 ujian tugas akhir pun dimulai. Karna masa pandemi maka ujian ini dilakukan secara terbatas demi untuk menghindari kerumunan.

Agenda tersebut dibuka secara langsung oleh Ustadzah Siti Umi Choiriyah, S.Pd.I selaku Kepala Madrasah, beliau menuturkan dalam sambutannya “Kami sebagai guru ingin ikut berkontribusi amal jariyah dalam menciptakan generasi muda yang Berbudi dan Unggul untuk Negeri.” Beliau juga memberikan wawasan kepada para siswa pentingnya pengembangan 4 macam skill melalui kegiatan tugas akhir ini yaitu; Self learning skill (semangat sebagai pembelajar seumur hidup);Grit Skill (kegigihan, ulet, action); Communication skill (keahlian berkomunikasi, percaya diri) self-evaluation (refleksi diri lalu melakukan perbaikan).

Acara ujian Tugas akhir disiarkan secara live streaming youtube pada channel MI Hidayatun Najah dan akun facebook @Mis hijah, hal tersebut dilakukan untuk mengobati rasa sedih wali murid karna berbeda dengan tahun sebelumnya wali murid selalu diundang hadir mengikuti pelaksanaan ujian tugas akhir secara langsung, tetapi pada masa pandemi ini dengan terpaksa pihak sekolah tidak menghadirkan wali murid dalam majlis ujian. sehingga siaran live ini dilakukan sebagai upaya supaya wali murid tetap dapat mengikuti proses Ujian Tugas Akhir anaknya meskipun di rumah.

“Peneliti milenial” julukan yang sangat tepat untuk mereka, semua keren-keren! Kenapa kita menyebutnya keren karena mereka kompak bekerja dalam tim, pintar, dan sudah mampu membuat karya tulis di usia anak MI. Keren kan?
Pukul 08.00 – 13.30 para siswa bergantian mempresentasikan tugas Akhir mereka sesuai dengan no urut yang telah diterima. Tegang? Pasti, Nervous? Wajar, Karena mereka harus memaparkan hasil penelitian mereka di depan dewan penguji yang tidak hanya dari ustadz/ah MI Hidayatun Najah saja, tapi juga penguji dari guru sekolah sahabat.

Setelah semua anak mempresentasikan karya tulis mereka, Alhamdulillah akhirnya acara selesai, beberapa anak terlihat keluar ruangan ujian langsung memeluk guru pembimbingnya. Mereka memang berhak mengeluarkan segala isi hati mereka tentang perjuangan membuat karya tulis ini. huuuuuu curhatan mereka tak pelak membuat hati guru pembimbing menjadi tersentuh dan beberapa guru tak mampu menahan air mata bahagia dan bangga.

Congratulation for your final exam our students!!!!! Kami bangga belajar bersama kalian, semoga proses yang sudah dilakukan mampu menyiapkan mental tangguh kalian sebagai generasi penerus bangsa. Aamiin.

Reporter: Likha

 

 

 

1.5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments